Senin, 13 Oktober 2008

Peringatan ‘hancur-lebur’ dari IMF



Sistem keuangan dunia berada di ambang “hancur-lebur” secara sistemik, kata direktur Dana Moneter Internasional, IMF, di Washington, dalam peringatan yang dikeluarkannya.


Dominique Srauss-Kahn mengatakan krisis itu dimarakkan oleh ketakutan terhadap bank-bank yang berhutang banyak tetapi menambahkan negara-negara kaya sejauh ini gagal memulihkan kepercayaan.

Ia mengatakan itu setelah berembuk dengan Presiden George Bush, para menteri keuangan Kelompok G7, dan Bank Dunia.

Bush mengatakan krisis ekonomi global memerlukan reaksi bersama internasional.

Berbicara di Washinton hari Sabtu, Strauss-Kahn mengatakan, “Kekhawatiran yang besar terhadap kebangkrutan sejumlah lembaga keuangan besar yang berpusat di Amerika Serikat dan Eropa mendorong sistem keuangan dunia ke ambang kehancuran sistemik.

Kepala IMF itu bertemu di Gedung Putih dengan para menteri keuangan dari negara-negara industri terkaya, G7, yaitu AS, Kanada, Prancis, Jerman, Inggris, Italia dan Jepang, serta presiden Bank Dunia, robert Zoellick.

Menyusul pembicaraan dengan para pemimpin ekonomi itu, Bush mengatakan, “Kita harus memastikan agar langkah satu negara tidak berlawanan dengan atau merongrong tindakan negara lain.

“Di dunia yang saling terkait ini, tidak ada negara akan meraup keuntungan dengan melemahkan kekuatan negara lain. Kiat berada dalam situasi ini bersama-sama. Kita akan melewatinya bersama-sama.”

Penjualan panik

Pertemuan itu berlangsung sehari setelah pasar Asia, Eropa dan AS terus melakukan penjualan panik meskipun telah dilakukan pemotongan bunga bank dan suntikan dana segar oleh bank-bank sentral di tengah kekhawatiran akan terjadi resesi global.
HTI-Press. ***


disari dari http://hizbut-tahrir.or.id/2008/10/13/peringatan-hancur-lebur-dari-imf/

Arif Widodo

Tidak ada komentar: