Sabtu, 11 Oktober 2008

Habbatussauda Herbal Medicine

Herbal Medicine
 
JintenHitam atau biasa di Barat disebut dengan Black Seed telah melalui berbagai penelitian baik pada zaman dulu maupun modern sekarang ini dari Dunia Barat hingga Timur telah sepakat bahwa tanaman ini mampu mengobati berbagai penyakit. 

Jika Anda tidak percaya silahkan masukan keyword pada search engine Anda dengan beberapa kata berikut ini:
• Black Seed
• Nigella Sativa
• Jinten Hitam
• Habbatussauda
• Black cumin
• Black caraway
• Dll

Selain sebagai obat juga dapat dimanfaatkan sebagi supleman dan kecantikan 
Look at:
http://www.medicalseeds.com
http://www.amazingherb.com
http://www.plantforafuture.com
http://www. uni-graz.at

Black Seed/Jinten Hitam/Habbatussauda/

Nigella sativa Linn
"Konsumsilah Habbatus Sauda. Sesungguhnya padanya terdapat obat bagi segala penyakit kecuali kematian" (HR Bukhari)

 
"Sesungguhnya di dalam Habbatussauda terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian" {Shohih HR Bukhori, no. 5688; Fathul Baari, X/143; dan Muslim, no. 2215}
Kajian Habbatussauda  

Sejak beratus tahun yang lalu telah lebih dari 200 kajian dan artikel yang di keluarkan oleh berbagai universitas dan lembaga kedokteran maupun kesehatan, yang megkaji tentang manfaat dari Habbatussauda. Yang juga telah di diperkuat oleh sabda Nabi Muhammad SAW 14 abad yang lalu. Berikut ini adalah beberapa kajian tentang manfaat Habbatussauda bagi kesehatan

Ibnu Sina/Avesina - Habbatussauda merangsang tenaga dan membantu memulihkan kepenatan dan semangat. (Buku Ibnu Sina "Canon of Medicines")

Ibnu Qayyim - Habbatussauda dapat membantu memulihkan penyakit seperti batuk, "bronchitis", masalah perut, cacingan, masalah kulit seperti jerawat, sakit senggugut dan haid, menambah aliran air liur dan sebagainya. (Buku Ibnu Qayyim "Medicine of the Prophet")
Dr Ahmad Elkadi juga membuat kajian dan mendapatkan bahwa Habbatussauda dapat meningkatkan daya tahan tubuh (immune system). Kandungan dari Habbatussauda ialah Fixed Oil (saturated dan unsaturated), Minyak-minyak Asas (sterol, thymohydroquinone, carvone, limonine, cymene), Alkaloids, Saponin dan Asid Amino. 

Kandungan Habatussauda 
Kandungan Habbatussauda / Jinten Hitam /Nigella Sativa
1. Crystalline Nigellone dan Arginine
2. Asam Alfa Linolenic dan Asam Linoleic Karotine.
3. 15 macam asam amino Protein, Karbohidrat dan minyak olatile (Alkaloids, Saponin dan Crude Fiber, Kalsium, Sodium, Potasium, Magnesium, Selenium dan zat besi.
4. Vitamin A, B1, B2, B6, C, E dan Niacin.

Habbatussauda - Obat segala penyakit
Rasulullah bersabda:"Konsumsilah Habbatus Sauda. Sesungguhnya padanya terdapat obat bagi segala penyakit kecuali mati". (HR Bukhari).
Habbatus Sauda ialah sejenis tumbuhan yang tumbuh di Afrika Utara, Asia, dan Eropa Selatan. Khasiatnya telah diketahui sejak 3.000 tahun lalu. Pada zaman Yunani Kuno, raja-raja Yunani dikubur bersama dengan biji-biji hitam ini, karena biji-biji tersebut berfungsi mengawetkan mayat. Ahli pengobatan mereka, Dioscorades, pada abad pertama, mencatat Habbatussauda digunakan untuk mengobati sakit kepala, saluran pernafasan sakit gigi, dan cacing usus.Pada zaman Rasulullah pun, umat Islam menggunakannya sebagai obat segala macam penyakit. Dalam hadis yang didwayatkan Imam Bukhari dan Siti Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Habbatussauda ini adalah obat segala penyakit, kecuali kematian".
Jintan yang kerap digunakan bijinya, termasuk sebagai salah satu bahan bumbu dapur berbau khas. Biasanya, masakan-masakan daerah seperti dari Jawa dan Sumatera sering menambahkan bahan ini ke dalam masakannya. Jenis jintan, terbagi dalam dua rupa, yaitu jintan putih dan jintan hitam. Jintan yang sering dijadikan bumbu masak adalah jintan putih.

Khusus jintan hitam (Nigella sativa Linn) ternyata banyak mengandung khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Di beberapa daerah, biji yang juga disebut jintan hitam pahit di Malaysia ini juga digunakan sebagai peluruh keringat, peluruh kentut, perangsang, peluruh haid, dan memperlancar air susu ibu (ASI). Tumbuhan jinten ini umumnya memiliki tinggi 50 centimeter berbatang tegak, berkayu dan berbentuk bulat menusuk. 

Arif Widodo

Tidak ada komentar: